Sudahkah Kita Membangun Rumah Di Syurga Hari Ini ?

Posted on

Berapa banyak orang-orang yang bersusah payah di dunia ini bekerja banting tulang tak kenal lelah baik pagi maupun petang demi mencapai target hidup mereka untuk memiliki sebuah rumah yang mereka impi-impikan. Bahkan mereka nekat untuk mempercepat proses tersebut dengan berhutang sana- sini, ke tetangga kiri maupun kanan, dan terkahir adalah bank-bank konvensional maupun pihak-pihak penggadaian yang semuanya berbasis riba yang dilaknat Allah-subhanahahu wa ta’ala-.

Tak jarang pula ada orang-orang yang bertahun-tahun mengumpulkan uang untuk membangun rumahnya, tatkala rumah tersebut selesai dan siap dihuni, ternyata ajal lebih dahulu menjemput pemiliknya dengan paksa menggiringnya ke rumah kecil 1×2 meter saja bernama kuburan.


Saudaraku, Mari membangun rumah yang abadi…

Mau tau kiat-kiat membangun rumah yang anti gempa dan banjir? tahan terhadap badai maupun topan? rumah yang batakonya terbuat dari emas dan perak, kerikilnya dari permata dan yakut, dan pasirnya dari bahan za’faran ? rumah apakah gerangan yang seperti itu spesifikasinya? Jawabnya adalah rumah impian di surga yang kekal abadi.

Bersabda Rasulullah-shalllahu ‘alaihi wa sallam- dari hadis Abu Hurairah,

“Surga itu bangunannya tersusun dari batako yang terbuat dari emas dan perak, adukan semennya adalah campuran misik alazfar,permata yakut dan pasirnya adalah za’faran, barang siapa yang memasukinya akan menikmatinya dan tidak akan pernah binasa, dia akan kekal hidup tidak pernah mati,pakaian mereka tidak akan lusuh dan usia muda mereka di sana tidak akan pernah menua”. (HR. Ahmad dan Tirmizi dan Al-Albani mensahihkannya dalam Sahih al-Jami no 3116.)

Saudaraku…. inilah amalan-amalan yang akan menjadi DP kamu untuk mendapatkan rumah disurga, semoga bermanfaat :))

Membaca surat Al-Ikhlas

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas, pen.) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad, 3: 437. Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguat)

Mengucapkan Kalimat Pujian Kepada Allah (alhamdulillah) dan Kalimat istirja’ (inna ilaihi wa innaa ilaihi raaji’’un) ketika Anak Kita Meninggal Dunia.

Sudah menjadi sunnatullah bahwa segala yang didunia ini fana dan akan binasa. Siapapun juga pasti akan diuji dengan kematian yang merenggut nyawanya dan dan orang-orang yang dia kasihi. Musibah yang dihadapi hamba tatkala dihadapi dengan sabar dan ridho dengan ketentuan Allah akan berubah menjadi sarana menuai pahala dan ganjaran dari Allah serta janji dengan rumah yang akan dibangunkan untuknya di surga. Bersabda Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Jika wafat anak seorang hamba, Allah akan berkata kepada para malaikatNya: Apakah kalian telah mencabut nyawa anak dari hambaKu? mereka menjawab: ya, Allah kembali bertanya: apakah kalian mencabut nyawa permata hatinya? mereka menjawab: ya, Allah bertanya: apa yang dikatakan hambaku? Mereka menjawab: dia memujinya dan mengucapkan istrirja(inna lillahi wa inna ilaihi rajiun)maka Allah berkata: Bangunkan untuk hambaku rumah di surga dan berilah nama rumah tersebut dengan rumah pujian”. (HR. Tirmizi dan al-Albani meng hasan kannya.)

Merapatkan Shaf Yang Renggang Ketika Sholat


Berkata Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Barang siapa yang menutup shaff yang renggang maka Allah akan membangun rumah baginya di surga dan akan mengangkat derajatnya. (HR.Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban , dan Hakim, dan Al-Abani mensahihkannya dalam Silsilah Sahihah 4/515.dan Sahih Al-Jami no.1843)

Mengerjakan 12 Raka’at Shalat Rawatib Dalam 1 Hari

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi, no. 414; Ibnu Majah, no. 1140; An-Nasa’i, no. 1795. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Meninggalkan Perdebatan, Berdusta Dalam Bergurau dan Memperbaiki Akhlak

Untuk perkara –perkara di atas bersabda Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Aku menjamin bagi seseorang dengan sebuah rumah di surga bagi siapa yang mampu meninggalkan perdebatan sekalipun benar,dan dengan sebuah rumah di tengah surga bagi yang mampu meninggalkan dusta sekalipun dalam bergurau dan rumah di bagian atas surga bagi siapa yang mulia akhlaknya. (HR. Abu Daud, Tirmizi dan Ibnu Majah dan Al-Albani meng hasankannya dalam Sahih At-targhib wa At-tarhib 3/6.)

Beriman pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dari Fadhalah bin ‘Ubaid radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berhijrah dengan sebuah rumah di pinggir surga, di tengah surga, dan surga yang paling tingggi. Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berjihad dengan rumah di pinggir surga, di tengah surga dan di surga yang paling tinggi. Barangsiapa yang melakukan itu, maka ia tidak membiarkan satu pun kebaikan, dan ia lari dari setiap keburukan, ia pun akan meninggal, di mana saja Allah kehendaki untuk meninggal.” (HR. An-Nasa’i, no. 3135. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Membangun masjid


Tidak ada dibumi tempat yang lebih dicintai Allah-subhanahau ta’ala-daripada masji-masjid yang ditegakkan padanya zikrullah dan sholat. Memakmurkannya adalah ciri-ciri keimanan, dan membangunnya ikhlas karena Allah adalah kunci untuk mendapatkan rumah di surga. Bersabda Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Barang siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan bangun baginya rumah di surga.”

(Muttafaq ‘Alaihi.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *