7 Fakta Menarik Tentang Kumis Kucing yang Lucu

Posted on

7 Fakta Menarik Tentang Kumis Kucing yang Lucu


Jika pada manusia kumis menandakan kedewasaan seorang laki-laki, maka berbeda halnya pada kucingmu. Setiap kucing baik jantan ataupun betina pasti memiliki kumis. Kumis yang dimilikinya tersebut tidak hanya berfungsi sebagai hiasan untuk menambah keanggunannya saja.

Namun ada berbagai fakta menarik yang mungkin tidak diketahui banyak orang mengenai fungsi dari bagian tubuh si mpus ini.

Dalam artikel kali ini kekucingan akan sedikit mengulas tentang beberapa fakta menarik tentang kumis kucing tersebut supaya kamu bisa lebih dekat dengan kucingmu. Berikut paparannya menurut versi kekucingan.

1. Sangat Sensitif
kumis kucing memiliki akar rambut yang lebih dalam dibandingkan dengan bulu di setiap bagian tubuhnya. Bagian akar rambut kumis si kucing tersebut akan bersentuhan langsung dengan sistem syaraf dan pembuluh darah yang ada di dalam kulitnya sehingga membuatnya sangat sensitif terhadap suatu rangasangan dari luar.

Kumisnya yang sensitif tersebut membuat dia dapat merasakan arah gerak udara di sekitarnya sehingga dapat membantunya berjalan di tempat yang gelap. Oleh karena itu jangan pernah menarik-narik kumis kucingmu karena itu dapat membuatnya sakit.

Perlu diketahui juga bahwa jika kamu menyediakan tempat makan atau minum yang terlalu sempit dan membuat kumisnya bergesekan ketika dia minum atau makan, maka hal tersebut juga dapat mengganggu kenyamanan si mpus.

Oleh sebab itu sediakanlah wadah yang lebih lebar agar kucingmu merasa nyaman ketika dia makan atau minum.

2. Tidak Hanya Ada di Sekitar Hidung
Pernahkah kamu memperhatikan berapa jumlah kumis atau dimana saja letak kumis kucing kesayanganmu. Jika kamu tidak peka mungkin kamu hanya akan menganggap bahwa kumis kucingmu hanya ada di bagian yang dekat dengan hidung dan moncongnya.

Perlu kamu ketahui bahwa setidaknya ada 8 sampai 12 helai kumis yang ada di setiap sisi hudung/moncong kucingmu. Sehingga mungkin terdapat total sebanyak 16 sampai 24 helai kumis. Selain itu pada sebagian kucing juga terdapat beberapa helai kumis di sekitar mata, dagu,telinga, dan bagian belakang kedua kaki depannya.

3. Dapat Membantunya Memperkirakan Ukuran Sebuah Lubang
Pernahkah kamu melihat kucingmu masuk ke beberapa tempat yang ukurannya cukup sempit untuk kita masuki?. Atau pernahkah kamu melihat ada kucing yang tiba-tiba masuk ke dalam rumahmu kemudian mencuri makanan?

Perlu kamu ketahui bahwa lebar kedua bagian kumis yang ada di sekitar hidung kucingmu kira-kira ukurannya sama dengan lebar badannya sehingga kumisnya tersebut juga dapat dipakai untuk mengukur apakah dia akan masuk atau tidak kedalam suatu lubang atau tempat tertentu.

4. Dapat Membantu Mengetahui Posisi Mangsanya
Tahukah kamu bahwa sebagian besar kucing memiliki penyakit rabun dekat sehingga dia tidak bisa melihat dengan baik benda-benda yang dekat dengan matanya.

Ketika kucingmu memangsa seekor tikus atau cicak yang ada di dalam rumah maka hanya dengan matanya saja dia tidak akan mampu untuk menentukan posisi terbaik agar gigitannya kuat. Untuk mengatasi kekurangannya tersebut kumis kucingmu membantu menentukan arah gigitan ketika dia sedang memangsa sesuatu.

5. Dapat Menunjukan Mood si Kucing
Sama halnya dengan manusia, sebagai makhluk hidup kucing juga dapat merasakan berbagai perasaan dalam hatinya. Senang, sedih, marah, ataupun gelisah juga dapat mereka rasakan dan semua itu dapat kita lihat dari berbagai ekspresi di wajahnya atau gerakan-gerakan bagian tubuhnya yang lain.

Salah satunya adalah dengan kumisnya. Kumisnya dapat menandakan keadaan mood kucingmu seperti apa. Contohnya adalah ketika dia merasa nyaman dia akan mengendurkan kumisnya ke arah samping.

Jika dia merasa tertarik atau waspada terhadap sesuatu maka dia akan mendorong kumisnya kearah depan dan jika dia sedang marah atau merasa terganggu maka jarak antar kumisnya akan melebar. Dan masih banyak lagi contohh yang dapat kamu temukan sendiri.

6. Tidak Boleh Dicukur
Kerena sensitivitasnya yang sangat tinggi membuat kumis sangat berpengaruh terhadap keseimbangan dan emosionalitas kucingmu.

Janganlah pernah sekali-sekali mencoba untuk mencukur beberapa helai kumis kucingmu karena itu dapat membuatnya kehilangan keseimbangan dan juga dapat membuat dia merasa pusing melihat alat navigasinya hilang.

Meskipun sebenarnya lama-kelamaan juga akan tumbuh lagi namun kita tetap tidak boleh melakukannya karena dapat membuatnya merasa tersiksa. Coba bayangkan jika kedua halismu dicukur orang, apa yang akan kamu rasakan.

7. Kumis Kucing Arnanya Tetap Sama Untuk Setiap Jenis Kucing
Pernahkah kamu mengamati warna dari kumis kucingmu? Jika kamu melakukannya maka kamu akan mengetahui bahwa warna dari kumis kucing itu adalah putih tidak peduli warna bulunya seperti apa. Sekalipun bulunya pure hitam solid, namun dapat dipasstikan warna kumisnya akan tetap sama yaitu berwana putih.

Sekian 7 fakta unik terkait salah satu bagian paling penting dari kucing kesayanganmu. Karena kamu sudah mengetahui fakta-fakta tersebut maka janganlah pernah melakukan hal-hal yang dapat membuatnya tersiksa seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada kamu supaya kamu menjadi the real cat lover. Jika kamu mengetahi hal unik lain yang tidak dijelaskan diatas, kamu boleh menambahkannya.

Sumber: kekucingan.com



sumber: islamidia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *