Terlalu Miskin, Negara Ini Tidak Punya Apa-apa Selain Uang

Posted on

Terlalu Miskin, Negara Ini Tidak Punya Apa-apa Selain Uang


Bagi sebagian orang, mereka rela kerja keras siang malam demi mendapatkan uang. Sebab, pada zaman yang semakin materialistik seperti sekarang, segala sesuatunya selalu diukur dengan uang.

Mulai dari sekedar makanan, pakaian, rumah, hingga pendidikan, selalu membutuhkan uang. Namun, ada kalanya uang ternyata bukanlah segalanya.

Bahkan, uang seolah tidak memiliki nilai. Eitts…ini bukan sebuah ungkapan para filsuf semacam Albert Camus, maupun Plato. Alasannya, hal ini memang benar-benar terjadi.

Ada sebuah negara yang memang memang bisa dianggap sangat miskin. Negara tersebut tidak memiliki apapun selain uang. Negara itu adalah Somalia.

Itu seperti sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Tiara Lestari, 12 Mei 2017 lalu. Dalam video itu tampak sejumlah foto tumpukan uang yang ada di pinggir jalan.

Bahkan, ada juga tumpukan uang yang didorong menggunakan gerobak dorong layaknya bahan bangunan.

Lalu pada foto lainnya, terlihat sejumlah orang sedang duduk di dekat tumpukan uang.

Mereka rupanya sedang menjual tumpukan uanag itu di sebuah pasar. Berdasarkan video itu, setiap keluarga di Somalia sebenarnya terbilang sangat kaya.

Lalu yang menjadikan negara itu sebagai satu di antara negara termiskin adalah tingkat inflasi yang terlalu tinggi.

Uang-uang yang melimpah itu kemudian mereka jual di sebuah pasar uang, yang bernama Pasar Hargeisa.

Sehingga, tidak mengherankan saat berada di pasar itu sering dijumpai tumpukan uang kertas untuk dijual. Somalia sendiri memiliki mata uang bernama Shilling.

Oleh karena itu, para penduduk akan menukarkan atau menjual uang-uang tersebut ke mata uang asing yang nilainya dianggap lebih tinggi.

Nilai tukar 1 USD setara dengan 7 ribu shilling. Sehingga, turis asing yang membawa Dollar Amerika bisa menjadi konglomerat dadakan di sana.

Sementara itu, jika dikonversikan dalam bentuk rupiah, maka nilai 1 Shilling Somalia bisa mencapai 23,57 Rupiah. Jadi, berminat ke Somalia guys?

Sumber: tribunnews.com



sumber: islamidia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *